REVIEW DATA STATISTIK HASIL SKRIPSI MAHASISWA

 REVIEW DATA STATISTIK HASIL SKRIPSI MAHASISWA

Pertama saya akan mereview hasil skripsi dari Khadijah dengan judul “Studi Hubungan Kerja Masyarakat Nelayan Kelurahan Ponjalae, Kecamatan Wara Timur Kota Palopo” Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin Makassar tahun 2003.

Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif karena untuk menangkap dan memahami sesuatu dibalik fenomena yang sedikit pun belum diketahui. Di dalam penelitian ini saya menemukan data statistik kualitatif dan nominal, karena di dalam penelitian ini menceritakan tentang penggambaran hubungan ekonomi masyarakat nelayan, hubungan sosial masyarakat nelayan, kelangsungan hubungan masyarakat nelayan kedepannya,  dan keadaan alam yang ada di Palopo, Sulawesi Selatan yang mana daerah Sulawesi Selatan ini memiliki areal perikanan seluas 3.770 mil yang bisa menghasilkan produksi sampai dengan 200.000 ton/tahun. Di Sulawesi Selatan yang mana dalam kota Palopo diketahui bahwa ada begitu banyak peluang bagi nelayan karena melihat potensi alam yang terdapat pantai sebagai tempat wisata sekaligus tempat mencari ikan, maka kota Palopo sebenarnya memberikan peluang bagi nelayan untuk menangkap ikan. Kelurahan Ponjale adalah salah satu kelurahan diantara kelurahan lain yang berada dalam wilayah kecamatan Wara Timur, Kota Palopo. Sedangkan untuk data nominalnya di sini saya menemukan jumlah penduduk yang ada di kelurahan Ponjale sebanyak 5.147 jiwa, diantaranya laki-laki berjumlah 2.592 jiwa dan perempuan berjumlah 2.555 jiwa dengan jumlah kepala keluarga sebanyak 2.492 jiwa. Setelah itu di dalam skripsi ini saya menemukan jenis statistik berupa statistik deskripsi yang menggambarkan kegiatan penyusunan data, pengolahan data, dan penyajian data dalam bentuk tabel yang menggambarkan distribusi penduduk menurut umur dan jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan sumber air minum sehingga penggambaran terlihat lebih teratur, ringkas, jelas, dan mampu dipahami pembaca dengan mudah.

Penelitian ini diperoleh dengan cara data primer karena dalam melakukan penelitian peneliti melakukan observasi di Kelurahan Ponjale dan mewawancarai 7 informan yang dijadikan sample dalam memperoleh data. Kemudian dalam penelitian ini ditemukan jenis data cross section karena peneliti saat melakukan penelitian hanya pada waktu tertentu atau saat itu juga yaitu pada tanggal 4 Mei 2013 sampai dengan tanggal 4 Juni 2013. Kegunaan statistik dalam penelitian ini adalah memberikan gambaran secara lebih jelas, lebih rinci, dan lebih mudah dipahami oleh pembaca mengenai hubungan kerja sosial ekonomi pada masyarakat nelayan Ponjale. Sedangkan dalam penyajian data statistik pada hasil penelitian ini menggunakan tabel matriks baris dan kolom yang menggambarkan tentang distribusi penduduk menurut umur dan jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan sumber air minum, seperti di bawah ini:

Tabel 1

Distribusi Penduduk Menurut Umur dan Jenis Kelamin

No

Kelompok Umur

Laki-laki

Perempuan

Jumlah

1

0-1 tahun

88

79

167

2

2-4 tahun

129

135

264

3

5-6 tahun

97

105

202

4

7-12 tahun

276

256

532

5

13-15 tahun

189

195

384

6

16-19 tahun

146

161

307

7

20-25 tahun

331

326

657

8

26-35 tahun

478

469

947

9

36-45 tahun

337

328

665

10

46-50 tahun

126

143

269

11

51-58 tahun

225

195

420

12

Ø  59 tahun

170

163

333

 

Jumlah

2592

2555

5147

Sumber data: Kantor Kelurahan 2013

Tabel 2

Distribusi Penduduk Menurut Tingkat Pendidikan

Tingkat Pendidikan

Jumlah

Sekolah Dasar

730

SMP/SLTP

1480

SMA/SLTA

105

Akademi/D1-D3

98

Sarjana

44

Jumlah

2457

Sumber data: Kantor Lurah 2003

Tabel di atas merupakan contoh penyajian data tabel matriks baris dan kolom pada hasil penelitian tersebut.

Kedua saya akan mereview hasil skripsi dari Henny Kiswanti dengan judul “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Siswa Kelas II SD Negeri Bawen 05” Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang tahun 2013.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuntitatif dan kualitatif. Data kuantitatif dibuat dengan bantuan statistik deskriptif dengan menentukan mean. Dalam penyajian data kuantitatif ini dipaparkan dalam bentuk presentase, menentukan ketuntasan minimal, menghitung mean atau rerata, dan menghitung ketuntasan klasikal. Kemudian data kualitatif didapatkan dari hasil observasi keterampilan guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran IPA menggunakan model Kooperatif tipe picture and picture, serta hasil catatan lapangan yang kemudian dijabarkan dalam bentuk deskriptif kualitatif menurut kategori dan kriteria. Di dalam data ini juga terdapat pendekatan rasio yang mana di dalamnya memiliki nilai mutlak nol untuk menentukan kriteria ketuntasan klasikal. Lalu terdapat pula pendekatan ordinal yang memberikan perbedaan tingkatan subjek kuantitatif berupa kategori kriteria ketuntasan. Dalam penelitian ini ditemukan jenis statistik deskriptif yang terlihat dari penggambaran pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data. Di sini penulis menggambarkan penyusunan rencana pembelajaran tematik IPA, membuat lembar evaluasi berisi soal yang sesuai dengan materi untuk menerapkan metode Kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran IPA. Kemudian peneliti juga menggambarkan pelaksanaan tindakan yang terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Lalu di sini juga digambarkan melalui tabel dan diagram mengenai data hasil pengamatan keterampilan guru kelas II, data hasil pengamatan rekap aktivitas siswa kelas II, dan hasil belajar.

Penelitian ini diperoleh dengan cara data primer karena di sini peneliti melakukan observasi di SDN Bawen 05 dan bereksperimen untuk melakukan treatmen model belajar inovatif dengan menggunakan metode Kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran IPA. Kemudian saya menemukan jenis data internal dan cors section dalam penelitian ini, yang mana data internal didapatkan karena peneliti memilih siswa kelas II sebagai subyek penelitian. Maka dianggap internal karena memang yang akan diteliti adalah mengenai metode Kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran IPA. Lalu menjadi cors section dalam penelitian ini karena peneliti melakukan penelitian hanya pada waktu tertentu saja atau saat itu juga yaitu pada hari Rabu, 29 Mei 2013 dengan alokasi waktu 70 menit dan tanggal 31 Mei 2013 saja. Peneliti tidak melakukan penelitian secara berkala dari waktu ke waktu untuk mengetahui perkembangan suatu kejadian pada periode waktu tertentu. Kegunaan statistik dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana hasil dari uji coba metode pembelajaran dengan cara picture and picture. Statistik bisa dipakai sebagai ukuran pencapaian hasil dari eksperimen tersebut apakah sesuai dengan harapan ataupun tidak. Selain itu penyajian data melalui statistik lebih sederhana dan lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca sehingga mampu memberikan informasi bagi pembacanya. Kemudian yang terakhir dalam penelitian ini disajikan data statistik berupa tabel matriks baris dan kolom serta diagram batang dalam menyajikan ketuntasan minimal, menghitung mean atau rerata, dan menghitung ketuntasan klasikal, dan pelaksanaan tindakan yang terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, seperti di bawah ini:

Tabel 3.1

Ketuntasan Minimal

Kriteria Ketuntasan

Kualifikasi

< 65

Tidak Tuntas

Ø  65

Tuntas

Sumber: KKM IPA Kelas II Bawen 05 Tahun 2012

Tabel 4.1

Data Hasil Pengamatan Keterampilan Guru Kelas II siklus 1

No

Kategori

 

Siklus

P 1

Siklus

P II

1

Membuka kegiatan pembelajaran

2

3

2

Mengajukan pertanyaan kepada siswa

2

2

3

Menjelaskan materi dan cara menyusun picture and picture

2

3

4

Menyajikan gambar matahari

2

3

5

Menyediakan alat peraga

2

3

6

Memotivasi siswa

2

2

7

Mengajak siswa terlibat dalam diskusi

2

2

8

Melakukan kegiatan pembelajaran

2

2

9

Menutup kegiatan pembelajaran

2

2

 

Jumlah

18

22

 

Presentase

50%

61,11%

 

Rata-rata

2

2,4

 

Kategori

Cukup

Baik

 

Diagram 4.2

Hasil Observasi Aktivitas Siswa Siklus I

Gambar di atas merupakan beberapa contoh dari penyajian data statistik pada penelitian tersebut.

Ketiga saya akan mereview data statistik hasil skripsi dari Sulistiyono yang berasal dari Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun 2015 dengan judul skripsi “Studi Kualitatif Deskriptif Perilaku Konsumen Rilisan Fisik Vynil di Yogyakarta”. Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, karena di sini peneliti berusaha menggali informasi secara mendalam serta terbuka terhadap segala tanggapan dan bukan hanya jawaban ya atau tidak. peneliti mencoba untuk meminta kepada orang-orang untuk mengungkapkan berbagai pikiran mereka tanpa memberi mereka banyak arahan atau pedoman harus berkata apa. Kemudian di sini peneliti juga berusaha untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian dari perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Selain itu peneliti tidak mengutamakan besarnya populasi atau sampling melainkan jika data yang terkumpul sudah mendalam dan bisa menjelaskan fenomena yang diteliti maka tidak perlu mencari sampling lainnya. peneliti lebih menekankan pada persoalan kedalaman data bukan banyaknya data.

Di dalam hasil skripsi ini ditemukan penggunaan statistik inferensial dan data  kualitatif karena di dalamnya berisi kutipan-kutipan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan informan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian vinyl rilisan fisik oleh informan. Kemudian peneliti menggunakan metode pengumpulan data primer karena disini peneliti berusahan memperoleh data secara langsung dari tangannya sendiri yaitu dengan cara observasi dan mewawancarai beberapa informan untuk dijadikan sampel. Peneliti  menggunakan data eksternal untuk mendapatkan sumber informasi yang akan diteliti yaitu dengan menggambarkan secara rinci faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan informan dalam membeli vinyl rilisan fisik yaitu berupa faktor budaya, gaya hidup, teman, orang tua, status sosial, produk, promosi, harga, ketersediaan produk, layanan, dll. Selain itu peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik populasi heterogen karena sumber datanya bervariasi dengan mengambil sampel secara random. Untuk kegunaan data statistik dalam skripsi tersebut adalah mampu memberikan gambaran mengenai apa saja faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi informan untuk membeli vinyl rilisan fisik secara sederhana. Di sini disajikan data statistik yang berupa penggambaran faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan informan dalam membeli vinyl rilisan fisik yang secara rinci diantaranya dipengaruhi oleh faktor usia, faktor pendidikan, faktor pekerjaan, faktor pengalaman masa lalu, faktor kekayaan, faktor hobi, faktor sifat atau kepribadian, faktor selera, faktor rasa suka, faktor simpati, faktor eksternal, faktor budaya, faktor gaya hidup, faktor teman, faktor orang tua, faktor status sosial, faktor produk, faktor promosi, faktor harga, faktor ketersediaan produk, kualitas produk, kualitas layanan, dan kebutuhan keunikan.

Terakhir, saya akan mereview sebuah hasil skripsi yang ditulis oleh Hanifa Tsany Hasna dengan judul “Pengaruh Keterbukaan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pendapatan Di Tingkat Provinsi Di Indonesia” pada tahun 2015 Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mendeskripsikan data dalam bentuk angka dan analisis ekonometri berupa regresi data panel. Penelitian ini menggunakan panel seimbang karena masing-masing variabel memiliki jumlah yang sama. Dalam penelitian ini ditemukan jenis statistik deskriptif karena mampu menggambarkan GINI, REKS, RIM, RPMA, APM, RLS, TKAGR, dan TKIND dari 29 provinsi di Indonesia dalam kurun waktu 2007-2013 dengan jumlah sampel secara keseluruhan 203 sampel. Selain itu penelitian ini menggambarkan mengenai kegiatan ekspor dan impor di Indonesia, penanaman modal asing di Indonesia, tenaga kerja sektor agrikultur di Indonesia, tenaga kerja sektor industri di Indonesia, menjelaskan pengaruh keterbukaan ekspor terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia, pengaruh keterbukaan impor terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, pengaruh keterbukaan penanaman modal asing terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, pengaruh tenaga kerja sektor agrikultur terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, pengaruh tenaga kerja sektor industri terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, serta pengaruh keterbukaan ekspor, keterbukaan impor, keterbukaan penanaman modal asing, angka partisipasi murni, tenaga kerja sektor agrikultur, dan tenaga kerja sektor Industri terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia secara simultan. Sementara itu untuk variabelnya sendiri penelitian ini menggunakan berbagai macam variabel yaitu diantaranya variabel terikat, variabel bebas, dan variabel kontrol. Penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai cara memperoleh data yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesia (BI), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), serta data dan informasi kinerja pembangunan yang diterbitkan Bappenas bekerjasama dengan BPS. Penelitian ini menggunakan 8 variabel yang terbagi atas 1 variabel terikat yang terdiri atas ketimpangan pendapatan (GINI), 3 variabel bebas terdiri dari rasio ekspor per PDRB (REKS), rasio impor per PDRB (RIM), rasio penanaman modal asing per PDRB (RPMA) , dan 4 variabel kontrol yang terdiri dari rata-rata lama sekolah (RLS), rasio tenaga kerja sektorr agrikultur per total tenaga kerja (TKAGR), dan rasio tenaga kerja sektor industri per total tenaga kerja (TKIND). Selanjutnya, analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah estimasi regresi dan panel untuk mengukur pengaruh keterbukaan ekonomi terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia. Kemudian di sini saya menemukan jenis data berkala karena peneliti mengumpulkan data dari waktu ke waktu untuk mengetahui perkembangan mengenai ketimpangan pendapatan yang terjadi di Indonesia. Fungsi statistik dalam data ini adalah untuk menggambarkan data dan menyederhanakan data yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami oleh pembaca, dan membantu peneliti untuk melihat ada atau tidaknya hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Dalam penyajian data statistik penelitian ini menggunakan tabel matriks baris dan kolom dan diagram garis untuk menggmbarkan besaran pengaruh keterbukaan ekspor terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia, pengaruh keterbukaan impor terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, pengaruh keterbukaan penanaman modal asing terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, pengaruh tenaga kerja sektor agrikultur terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, pengaruh tenaga kerja sektor industri terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, serta pengaruh keterbukaan ekspor, keterbukaan impor, keterbukaan penanaman modal asing, angka partisipasi murni, tenaga kerja sektor agrikultur, dan tenaga kerja sektor Industri terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia  seperti contoh di bawah ini:

Tabel 7. Statistik Deskriptif

Variabel

Mean

Std. Dev

Maximum

Minimum

GINI

35.26453

4.12023

44.2000

25.90000

REKS

29.86589

33.37098

277.0747

0.287188

RIM

13.08702

27.78172

155.6614

0

RPMA

3.185651

5.342117

41.46325

0

APM

48.89051

8.297648

67.62000

29.16044

RLS

8.110099

0.95755

11.00000

5.800000

TKAGR

43.06081

16.49729

77.85424

0.417632

TKIND

8.958021

6.4813

32.84699

1.112483

 

 

 

Daftar Pustaka

 

Hanifa Tsany Hasna. 2015. “Pengaruh Keterbukaan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pendapatan Di Tingkat Provinsi Di Indonesia”. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dapat diakses melalui: https://eprints.uny.ac.id

Henny Kiswanti. 2013. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Picture And Picture Pada Siswa Kelas II SD Negeri Bawen 05”. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Dapat diakses melalui: https://lib.unnes.ac.id

Khadijah. 2003. “Studi Hubungan Kerja Masyarakat Nelayan Kelurahan Ponjalae, Kecamatan Wara Timur Kota Palopo”. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Hasanuddin Makassar.

Dapat diakses melalui:  http://repository.unhas.ac.id/handle

Sulistiyono. 2015. “Studi Kualitatif Deskriptif Perilaku Konsumen Rilisan Fisik Vynil di Yogyakarta”. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dapat diakses melalui: https://eprints.uny.ac.id

 

 

Comments

Popular Posts