REVIEW DATA STATISTIK HASIL SKRIPSI MAHASISWA
REVIEW DATA STATISTIK HASIL SKRIPSI MAHASISWA
Pertama
saya akan mereview hasil skripsi dari Khadijah dengan judul “Studi Hubungan
Kerja Masyarakat Nelayan Kelurahan Ponjalae, Kecamatan Wara Timur Kota Palopo”
Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Hasanuddin
Makassar tahun 2003.
Penelitian
ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif karena untuk
menangkap dan memahami sesuatu dibalik fenomena yang sedikit pun belum
diketahui. Di dalam penelitian ini saya menemukan data statistik kualitatif dan
nominal, karena di dalam penelitian ini menceritakan tentang penggambaran
hubungan ekonomi masyarakat nelayan, hubungan sosial masyarakat nelayan, kelangsungan
hubungan masyarakat nelayan kedepannya,
dan keadaan alam yang ada di Palopo, Sulawesi Selatan yang mana daerah
Sulawesi Selatan ini memiliki areal perikanan seluas 3.770 mil yang bisa
menghasilkan produksi sampai dengan 200.000 ton/tahun. Di Sulawesi Selatan yang
mana dalam kota Palopo diketahui bahwa ada begitu banyak peluang bagi nelayan
karena melihat potensi alam yang terdapat pantai sebagai tempat wisata
sekaligus tempat mencari ikan, maka kota Palopo sebenarnya memberikan peluang
bagi nelayan untuk menangkap ikan. Kelurahan Ponjale adalah salah satu
kelurahan diantara kelurahan lain yang berada dalam wilayah kecamatan Wara
Timur, Kota Palopo. Sedangkan untuk data nominalnya di sini saya menemukan
jumlah penduduk yang ada di kelurahan Ponjale sebanyak 5.147 jiwa, diantaranya
laki-laki berjumlah 2.592 jiwa dan perempuan berjumlah 2.555 jiwa dengan jumlah
kepala keluarga sebanyak 2.492 jiwa. Setelah itu di dalam skripsi ini saya
menemukan jenis statistik berupa statistik deskripsi yang menggambarkan
kegiatan penyusunan data, pengolahan data, dan penyajian data dalam bentuk
tabel yang menggambarkan distribusi penduduk menurut umur dan jenis kelamin,
tingkat pendidikan, pekerjaan, dan sumber air minum sehingga penggambaran
terlihat lebih teratur, ringkas, jelas, dan mampu dipahami pembaca dengan
mudah.
Penelitian
ini diperoleh dengan cara data primer karena dalam melakukan penelitian
peneliti melakukan observasi di Kelurahan Ponjale dan mewawancarai 7 informan
yang dijadikan sample dalam memperoleh data. Kemudian dalam penelitian ini
ditemukan jenis data cross section
karena peneliti saat melakukan penelitian hanya pada waktu tertentu atau saat
itu juga yaitu pada tanggal 4 Mei 2013 sampai dengan tanggal 4 Juni 2013.
Kegunaan statistik dalam penelitian ini adalah memberikan gambaran secara lebih
jelas, lebih rinci, dan lebih mudah dipahami oleh pembaca mengenai hubungan
kerja sosial ekonomi pada masyarakat nelayan Ponjale. Sedangkan dalam penyajian
data statistik pada hasil penelitian ini menggunakan tabel matriks baris dan
kolom yang menggambarkan tentang distribusi penduduk menurut umur dan jenis
kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan sumber air minum, seperti di bawah
ini:
Tabel
1
Distribusi
Penduduk Menurut Umur dan Jenis Kelamin
No |
Kelompok Umur |
Laki-laki |
Perempuan |
Jumlah |
1 |
0-1 tahun |
88 |
79 |
167 |
2 |
2-4 tahun |
129 |
135 |
264 |
3 |
5-6 tahun |
97 |
105 |
202 |
4 |
7-12 tahun |
276 |
256 |
532 |
5 |
13-15 tahun |
189 |
195 |
384 |
6 |
16-19 tahun |
146 |
161 |
307 |
7 |
20-25 tahun |
331 |
326 |
657 |
8 |
26-35 tahun |
478 |
469 |
947 |
9 |
36-45 tahun |
337 |
328 |
665 |
10 |
46-50 tahun |
126 |
143 |
269 |
11 |
51-58 tahun |
225 |
195 |
420 |
12 |
Ø 59
tahun |
170 |
163 |
333 |
|
Jumlah |
2592 |
2555 |
5147 |
Sumber
data: Kantor Kelurahan 2013
Tabel
2
Distribusi Penduduk
Menurut Tingkat Pendidikan
Tingkat Pendidikan |
Jumlah |
Sekolah Dasar |
730 |
SMP/SLTP |
1480 |
SMA/SLTA |
105 |
Akademi/D1-D3 |
98 |
Sarjana |
44 |
Jumlah |
2457 |
Sumber data: Kantor
Lurah 2003
Tabel di atas merupakan
contoh penyajian data tabel matriks baris dan kolom pada hasil penelitian
tersebut.
Kedua
saya akan mereview hasil skripsi dari Henny Kiswanti dengan judul “Peningkatan
Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif Tipe Picture And Picture
Pada Siswa Kelas II SD Negeri Bawen 05” Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang tahun 2013.
Dalam
penelitian ini menggunakan pendekatan metode penelitian kuntitatif dan
kualitatif. Data kuantitatif dibuat dengan bantuan statistik deskriptif dengan
menentukan mean. Dalam penyajian data
kuantitatif ini dipaparkan dalam bentuk presentase, menentukan ketuntasan
minimal, menghitung mean atau rerata,
dan menghitung ketuntasan klasikal. Kemudian data kualitatif didapatkan dari
hasil observasi keterampilan guru dan aktivitas siswa dalam kegiatan
pembelajaran IPA menggunakan model Kooperatif
tipe picture and picture, serta hasil
catatan lapangan yang kemudian dijabarkan dalam bentuk deskriptif kualitatif
menurut kategori dan kriteria. Di dalam data ini juga terdapat pendekatan rasio
yang mana di dalamnya memiliki nilai mutlak nol untuk menentukan kriteria
ketuntasan klasikal. Lalu terdapat pula pendekatan ordinal yang memberikan
perbedaan tingkatan subjek kuantitatif berupa kategori kriteria ketuntasan.
Dalam penelitian ini ditemukan jenis statistik deskriptif yang terlihat dari
penggambaran pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data. Di sini
penulis menggambarkan penyusunan rencana pembelajaran tematik IPA, membuat
lembar evaluasi berisi soal yang sesuai dengan materi untuk menerapkan metode Kooperatif tipe picture and picture dalam pembelajaran IPA. Kemudian peneliti juga
menggambarkan pelaksanaan tindakan yang terdiri atas kegiatan awal, kegiatan
inti, dan kegiatan penutup. Lalu di sini juga digambarkan melalui tabel dan
diagram mengenai data hasil pengamatan keterampilan guru kelas II, data hasil
pengamatan rekap aktivitas siswa kelas II, dan hasil belajar.
Penelitian
ini diperoleh dengan cara data primer karena di sini peneliti melakukan
observasi di SDN Bawen 05 dan bereksperimen untuk melakukan treatmen model
belajar inovatif dengan menggunakan metode Kooperatif
tipe picture and picture dalam
pembelajaran IPA. Kemudian saya menemukan jenis data internal dan cors section
dalam penelitian ini, yang mana data internal didapatkan karena peneliti
memilih siswa kelas II sebagai subyek penelitian. Maka dianggap internal karena
memang yang akan diteliti adalah mengenai metode Kooperatif tipe picture and
picture dalam pembelajaran IPA. Lalu menjadi cors section dalam penelitian ini karena peneliti melakukan
penelitian hanya pada waktu tertentu saja atau saat itu juga yaitu pada hari
Rabu, 29 Mei 2013 dengan alokasi waktu 70 menit dan tanggal 31 Mei 2013 saja.
Peneliti tidak melakukan penelitian secara berkala dari waktu ke waktu untuk
mengetahui perkembangan suatu kejadian pada periode waktu tertentu. Kegunaan
statistik dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana hasil dari uji
coba metode pembelajaran dengan cara picture and picture. Statistik bisa
dipakai sebagai ukuran pencapaian hasil dari eksperimen tersebut apakah sesuai
dengan harapan ataupun tidak. Selain itu penyajian data melalui statistik lebih
sederhana dan lebih mudah untuk dipahami oleh pembaca sehingga mampu memberikan
informasi bagi pembacanya. Kemudian yang terakhir dalam penelitian ini
disajikan data statistik berupa tabel matriks baris dan kolom serta diagram
batang dalam menyajikan ketuntasan minimal, menghitung mean atau rerata, dan
menghitung ketuntasan klasikal, dan pelaksanaan tindakan yang terdiri atas
kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, seperti di bawah ini:
Tabel
3.1
Ketuntasan
Minimal
Kriteria
Ketuntasan |
Kualifikasi |
< 65 |
Tidak Tuntas |
Ø 65 |
Tuntas |
Sumber: KKM IPA Kelas
II Bawen 05 Tahun 2012
Tabel 4.1
Data Hasil Pengamatan
Keterampilan Guru Kelas II siklus 1
No |
Kategori |
Siklus P
1 |
Siklus P
II |
1 |
Membuka
kegiatan pembelajaran |
2 |
3 |
2 |
Mengajukan
pertanyaan kepada siswa |
2 |
2 |
3 |
Menjelaskan
materi dan cara menyusun picture and picture |
2 |
3 |
4 |
Menyajikan
gambar matahari |
2 |
3 |
5 |
Menyediakan
alat peraga |
2 |
3 |
6 |
Memotivasi
siswa |
2 |
2 |
7 |
Mengajak
siswa terlibat dalam diskusi |
2 |
2 |
8 |
Melakukan
kegiatan pembelajaran |
2 |
2 |
9 |
Menutup
kegiatan pembelajaran |
2 |
2 |
|
Jumlah |
18 |
22 |
|
Presentase |
50% |
61,11% |
|
Rata-rata |
2 |
2,4 |
|
Kategori |
Cukup |
Baik |
Diagram
4.2
Hasil
Observasi Aktivitas Siswa Siklus I
Gambar
di atas merupakan beberapa contoh dari penyajian data statistik pada penelitian
tersebut.
Ketiga saya
akan mereview data statistik hasil skripsi dari Sulistiyono yang berasal dari
Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta pada tahun
2015 dengan judul skripsi “Studi Kualitatif Deskriptif Perilaku Konsumen
Rilisan Fisik Vynil di Yogyakarta”. Dalam melakukan penelitian ini peneliti
menggunakan metode penelitian kualitatif, karena di sini peneliti berusaha
menggali informasi secara mendalam serta terbuka terhadap segala tanggapan dan
bukan hanya jawaban ya atau tidak. peneliti mencoba untuk meminta kepada
orang-orang untuk mengungkapkan berbagai pikiran mereka tanpa memberi mereka
banyak arahan atau pedoman harus berkata apa. Kemudian di sini peneliti juga
berusaha untuk memahami fenomena apa yang dialami oleh subjek penelitian dari
perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dll dengan cara deskripsi dalam bentuk
kata-kata dan bahasa dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Selain itu
peneliti tidak mengutamakan besarnya populasi atau sampling melainkan jika data
yang terkumpul sudah mendalam dan bisa menjelaskan fenomena yang diteliti maka
tidak perlu mencari sampling lainnya. peneliti lebih menekankan pada persoalan
kedalaman data bukan banyaknya data.
Di
dalam hasil skripsi ini ditemukan penggunaan statistik inferensial dan data kualitatif karena di dalamnya berisi
kutipan-kutipan wawancara yang dilakukan oleh peneliti dengan informan mengenai
faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian vinyl rilisan fisik oleh informan.
Kemudian peneliti menggunakan metode pengumpulan data primer karena disini
peneliti berusahan memperoleh data secara langsung dari tangannya sendiri yaitu
dengan cara observasi dan mewawancarai beberapa informan untuk dijadikan
sampel. Peneliti menggunakan data
eksternal untuk mendapatkan sumber informasi yang akan diteliti yaitu dengan
menggambarkan secara rinci faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi
keputusan informan dalam membeli vinyl rilisan fisik yaitu berupa faktor
budaya, gaya hidup, teman, orang tua, status sosial, produk, promosi, harga,
ketersediaan produk, layanan, dll. Selain itu peneliti mengumpulkan data dengan
menggunakan teknik populasi heterogen karena sumber datanya bervariasi dengan
mengambil sampel secara random. Untuk kegunaan data statistik dalam skripsi
tersebut adalah mampu memberikan gambaran mengenai apa saja faktor internal dan
eksternal yang mempengaruhi informan untuk membeli vinyl rilisan fisik secara
sederhana. Di sini disajikan data statistik yang berupa penggambaran faktor
internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi keputusan informan dalam
membeli vinyl rilisan fisik yang secara rinci diantaranya dipengaruhi oleh
faktor usia, faktor pendidikan, faktor pekerjaan, faktor pengalaman masa lalu,
faktor kekayaan, faktor hobi, faktor sifat atau kepribadian, faktor selera,
faktor rasa suka, faktor simpati, faktor eksternal, faktor budaya, faktor gaya
hidup, faktor teman, faktor orang tua, faktor status sosial, faktor produk,
faktor promosi, faktor harga, faktor ketersediaan produk, kualitas produk,
kualitas layanan, dan kebutuhan keunikan.
Terakhir,
saya akan mereview sebuah hasil skripsi yang ditulis oleh Hanifa Tsany Hasna
dengan judul “Pengaruh Keterbukaan Ekonomi Terhadap Ketimpangan Pendapatan Di
Tingkat Provinsi Di Indonesia” pada tahun 2015 Program Studi Pendidikan Ekonomi
Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan mendeskripsikan data dalam bentuk angka dan
analisis ekonometri berupa regresi data panel. Penelitian ini menggunakan panel
seimbang karena masing-masing variabel memiliki jumlah yang sama. Dalam penelitian
ini ditemukan jenis statistik deskriptif karena mampu menggambarkan GINI, REKS,
RIM, RPMA, APM, RLS, TKAGR, dan TKIND dari 29 provinsi di Indonesia dalam kurun
waktu 2007-2013 dengan jumlah sampel secara keseluruhan 203 sampel. Selain itu
penelitian ini menggambarkan mengenai kegiatan ekspor dan impor di Indonesia,
penanaman modal asing di Indonesia, tenaga kerja sektor agrikultur di
Indonesia, tenaga kerja sektor industri di Indonesia, menjelaskan pengaruh
keterbukaan ekspor terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia, pengaruh
keterbukaan impor terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di
Indonesia, pengaruh keterbukaan penanaman modal asing terhadap ketimpangan
pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, pengaruh tenaga kerja sektor
agrikultur terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia,
pengaruh tenaga kerja sektor industri terhadap ketimpangan pendapatan di
tingkat provinsi di Indonesia, serta pengaruh keterbukaan ekspor, keterbukaan
impor, keterbukaan penanaman modal asing, angka partisipasi murni, tenaga kerja
sektor agrikultur, dan tenaga kerja sektor Industri terhadap ketimpangan
pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia secara simultan. Sementara itu
untuk variabelnya sendiri penelitian ini menggunakan berbagai macam variabel
yaitu diantaranya variabel terikat, variabel bebas, dan variabel kontrol.
Penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai cara memperoleh data yang diterbitkan
oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Bank Indonesia (BI), Badan Koordinasi
Penanaman Modal (BKPM), serta data dan informasi kinerja pembangunan yang
diterbitkan Bappenas bekerjasama dengan BPS. Penelitian ini menggunakan 8
variabel yang terbagi atas 1 variabel terikat yang terdiri atas ketimpangan
pendapatan (GINI), 3 variabel bebas terdiri dari rasio ekspor per PDRB (REKS),
rasio impor per PDRB (RIM), rasio penanaman modal asing per PDRB (RPMA) , dan 4
variabel kontrol yang terdiri dari rata-rata lama sekolah (RLS), rasio tenaga
kerja sektorr agrikultur per total tenaga kerja (TKAGR), dan rasio tenaga kerja
sektor industri per total tenaga kerja (TKIND). Selanjutnya, analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah estimasi regresi dan panel untuk mengukur
pengaruh keterbukaan ekonomi terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia.
Kemudian di sini saya menemukan jenis data berkala karena peneliti mengumpulkan
data dari waktu ke waktu untuk mengetahui perkembangan mengenai ketimpangan
pendapatan yang terjadi di Indonesia. Fungsi statistik dalam data ini adalah
untuk menggambarkan data dan menyederhanakan data yang kompleks menjadi lebih
mudah dipahami oleh pembaca, dan membantu peneliti untuk melihat ada atau
tidaknya hubungan antara variabel satu dengan variabel yang lainnya. Dalam
penyajian data statistik penelitian ini menggunakan tabel matriks baris dan
kolom dan diagram garis untuk menggmbarkan besaran pengaruh keterbukaan ekspor
terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia, pengaruh keterbukaan impor
terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, pengaruh
keterbukaan penanaman modal asing terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat
provinsi di Indonesia, pengaruh tenaga kerja sektor agrikultur terhadap
ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di Indonesia, pengaruh tenaga kerja
sektor industri terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat provinsi di
Indonesia, serta pengaruh keterbukaan ekspor, keterbukaan impor, keterbukaan
penanaman modal asing, angka partisipasi murni, tenaga kerja sektor agrikultur,
dan tenaga kerja sektor Industri terhadap ketimpangan pendapatan di tingkat
provinsi di Indonesia seperti contoh di
bawah ini:
Tabel 7. Statistik Deskriptif
Variabel |
Mean |
Std. Dev |
Maximum |
Minimum |
GINI |
35.26453 |
4.12023 |
44.2000 |
25.90000 |
REKS |
29.86589 |
33.37098 |
277.0747 |
0.287188 |
RIM |
13.08702 |
27.78172 |
155.6614 |
0 |
RPMA |
3.185651 |
5.342117 |
41.46325 |
0 |
APM |
48.89051 |
8.297648 |
67.62000 |
29.16044 |
RLS |
8.110099 |
0.95755 |
11.00000 |
5.800000 |
TKAGR |
43.06081 |
16.49729 |
77.85424 |
0.417632 |
TKIND |
8.958021 |
6.4813 |
32.84699 |
1.112483 |
Daftar
Pustaka
Hanifa
Tsany Hasna. 2015. “Pengaruh Keterbukaan Ekonomi Terhadap Ketimpangan
Pendapatan Di Tingkat Provinsi Di Indonesia”. Fakultas Ekonomi. Universitas
Negeri Yogyakarta.
Dapat
diakses melalui: https://eprints.uny.ac.id
Henny
Kiswanti. 2013. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Kooperatif
Tipe Picture And Picture Pada Siswa Kelas II SD Negeri Bawen 05”. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.
Dapat
diakses melalui: https://lib.unnes.ac.id
Khadijah.
2003. “Studi Hubungan Kerja Masyarakat Nelayan Kelurahan Ponjalae, Kecamatan
Wara Timur Kota Palopo”. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas
Hasanuddin Makassar.
Dapat
diakses melalui: http://repository.unhas.ac.id/handle
Sulistiyono.
2015. “Studi Kualitatif Deskriptif Perilaku Konsumen Rilisan Fisik Vynil di
Yogyakarta”. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Dapat
diakses melalui: https://eprints.uny.ac.id
Comments
Post a Comment